Jumat, 06 Maret 2015

Aplikasi Rindik Editor Android

Dalam perkembangan dan kemajuan teknologi, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai aplikasi baru. Mereka ingin membuat suatu inovasi baru yang lebih canggih dari inovasi sebelumnya. Perkembangan teknologi informasi dari tahun ke tahun semakin pesat. Terlihat dari penggunaan smartphone dan berbagai macam gadget yang semakin meningkat mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Melihat perkembangan yang sangat pesat tersebut maka muncul berbagai ide-ide untuk memanfaatkan media smartphone dan gadget tersebut. Salah satunya membangun sebuah aplikasi mobile pada sistem operasi Android. Dipilihnya sistem operasi Android karena Android merupakan sistem operasi yang mudah dioprasikan dan memiliki pengguna yang cukup banyak.
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti smartphone dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti bergerak (mobile-devices). Android memiliki keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya .
Banyak pengembang bersaing menciptakan aplikasi yang tidak hanya menggunakan teknologi canggih, tetapi juga sekaligus bermanfaat. Sudah tidak terhitung lagi jumlah aplikasi yang ada pada saat ini. Mulai dari aplikasi game, aplikasi pendidikan, hingga aplikasi musik. Sudah tidak heran lagi jika seseorang dapat bermain alat musik seperti gitar, drum maupun piano pada smartphone yang dimilikinya. Dengan adanya aplikasi musik ini, mereka akan dimudahkan untuk sekedar bermain atau mencoba alat musik tersebut tanpa membeli alat musik tersebut.
Seiring dengan perkembangan aplikasi musik modern yang semakin populer saat ini, tetapi lain halnya dengan musik tradisional yang keberadaannya bisa dihitung dengan jari. Salah satunya alat musik gambelan tradisional Bali yaitu gambelan rindik bali, dengan tiga instrument diantaranya yaitu Rindik Polos, Rindik Sangsih dan satu buah Suling. Satu buah (tungguh) Rindik dalam barungan gambelan Rindik memiliki sebelas buah belahan bambu yang merupakan nada ndung rendah sampai nada ndung tinggi. Instrumen ini dimainkan seorang penabuh dengan dua tangan memakai panggul yang disebut panggul rindik. Dalam sebuah barungan gambelan Rindik Bali, instrumen ini berfungsi untuk pembawa lagu. Instrumen suling berfungsi sebagai penegas gending atau lagu yang dalam barungan membawa melodi dengan tekniknya sendiri..
Bagi masyarakat yang ingin mencoba memainkan atau belajar gambelan Rindik Bali ini mungkin akan sangat sulit karena satu set gambelan Rindik Bali ini sangat mahal dan masyarakat umum tidak terlalu paham dengan notasi yang dihasilkan dari bermain gambelan Rindik Bali. Diharapkan dengan dibangunnya aplikasi ini dapat membantu mereka yang ingin mencoba memainkan atau belajar gambelan Rindik Bali sekaligus mengetahui notasi bali yang dihasilkan user tanpa harus memiliki gambelan Rindik tersebut. Selain itu, kita juga dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dan mempromosikan alat musik atau gambelan Rindik Bali ini ke seluruh dunia.



Tampilan Halaman Mainkan Rindik

Gambar diatas merupakan tampilan halaman mainkan rindik. Terdapat 2 tombol, info dan about. Terdapat 11 images button yang merupakan bilah bambu rindik yang memiliki 11 nada dan akan mengeluarkan suara apabila aplikasi dimainkan.



Tampilan Halaman Editor Rindik

Gambar diatas merupakan tampilan halaman halaman menu editor rindik. Terdapat 6 tombol, rec, play, delete, diam, info dan  about. Icon notasi merupakan icon untuk memperjelas tampilan notasi yang sedang dimainkan atau say merekam notasi. Tombol rec merupakan tombol untuk merekam notasi yang dimainkan. Tombol play umtuk memainkan hasil rekaman yang dilakukan. Tombol delete merupakan tombol hapus notasi yang terakhir dimasukan saat perekaman notasi. Tombol diam adalah tombol notasi kosong (nol) untuk suara hening disetiap ketukan yang dimainkan. Terdapat 11 images button yang merupakan bilah bamboo rindik yang akan mengeluarkan suara apabila aplikasi dimainkan




Aplikasi Gambelan musik editor instrument gambelan rindik Bali Berbasis Android pada tahap ini masih dalam tahap awal pengembangan yang selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga menjadi lebih sempurna dan lebih bermanfaat. Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:
1.        Aplikasi musik editor instrumen gambelan rindik Bali yang telah dibangun, diharapkan nantinya dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi dengan menyempurnakan fitur multi touch agar suara instrumen rindik menjadi lebih sempurna.
2.        Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada device Android dengan layar WSVGA 7.0 inchi, untuk itu diharapkan juga agar aplikasi ini dapat dikembangkan pada platform lainnya serta ukuran layar yang dapat menyesuaikan pada device yang digunakan.

SKRIPSI 
APLIKASI MUSIK EDITOR INSTRUMENT GAMBELAN RINDIK BALI BERBASIS ANDROID
I Gede Putra Mas Yusadara, S.Kom
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar